Friday, October 07, 2011

ZIMBRA MAIL SERVER DI UBUNTU 8.04

Zimbra adalah software open source untuk email server dan kolaborasi
(groupware) yang menyediakan solusi email server yang powerful, penjadwalan,
kalender group, kontak dan manajemen penyimpanan dokumen via web. Zimbra
web tersedia untuk linux dan Mac OS X. Zimbra menggunakan klien ajax Web 2.0
yang dapat dijalankan pada browser, seperti Firefox, Internet explorer, Safari, dan
lain lain.

Zimbra pada dasarnya sekelas dengan Microsoft Exchange Server.
Perbedaanya, Zimbra tersedia dalam dua edisi, yaitu Open Source Edition dan
Network Edition.

Kelebihan dan Keuntungan menggunakan Mail Server Zimbra :

1.Berbasis Open Source (tidak perlu membayar biaya Lisensi Software)
2.Jumlah User/Mailbox tidak terbatas
3.Berjalan di atas Operating System Linux
4.Mudah dalam pengaturan dan pemeliharaan dengan Web Administration
5.Terintegrasi dengan AntiVirus dan AntiSpam
6.Memiliki kemampuan Multi Domain
7.Memiliki pembatasan Quota MailBox per User
8.Dapat di gabungkan dengan Fitur Spooling Mail

Untuk kali ini saya akan memberikan tutorial cara menginstall zimbra serta mengkonfigurasikanya di ubuntu 8.04 server.

Berhubung  judul postingan saya kali ini merupakan judul laporan pada saat saya melakukan praktek kerja industri. judul yang menjadi bahan pertanggung jawaban saya selama mengikuti proses prakerin.

Apa itu Zimbra??

Bagaimana Mengkonfigurasinya dari awal hingga akhir ?

Bagaimana proses Instalasinya?

Agar memudahkan pembaca sekalian. dapat mendownload tutorial yang telah saya buat dalam format pdf.

Download disini.


Semoga Bermanfaat.

1 comment: