Saturday, November 19, 2011

DASAR HTML dan LAYOUT SEDERHANA

Hypertext Markup Language merupkan standard bahasa yang di gunakan untuk menampilkan

document web, yang bisa anda lakukan dengan HTML yaitu:

- Mengontrol tampilan dari web page dan contentnya.

- Mempublikasikan document secara online sehingga bisa di akses dari seluruh dunia.

- Membuat online form yang bisa di gunakan untuk menangani pendaftaran, transaksi secara online.

- Menambahkan object-object seperti image, audio, video dan juga java applet dalam document HTML.

Setiap document HTML harus di awali dengan tag <HTML> dan di tutup dengan tag </HTML>

Minggu ini kelas saya ditugaskan untuk membuat sebuah layout sederhana dengan HTML.

Maka dari itu saya buat postingan ini. Semoga traffic meningkat gara-gara teman pada visit ini blog.hehe

Layout itu sendiri sebenarnya merupakan kumpulan dari beberapa tabel. Jadi dalami tentang tag <TABLE>. Untuk lebih lengkapnya pelajari mengenai dasar-dasar HTML.

Download disini untuk lebih lengkapnya mengenai dasar html.

Layout yang diminta kurang lebih format nya seperti ini :

Nah untuk membuat sebuah layout pada HTML dapat dibuat di Notepad.

Berikut skripnya :
<HTML>

<HEAD>

<TITLE> IDRIS LAYOUT </TITLE>

</HEAD>

<BODY>

<TABLE border="1" bgcolor="black" align="center">

<TR>

<TD align="center" bgcolor="blue" colspan="2" height="120" width="900">

<H1 align="center"><FONT color="yellow"> IDRIS-LAYOUT (-_-" </H1></FONT></TD>

</TR>

<TR>

<TD align="center" bgcolor="black" colspan="2" height="20" width="900">

<MARQUEE><FONT face="impact" color="white"> TUGAS PROGRAMMING OLEH : MUHAMMAD IDRIS XI TI 1  <FONT></MARQUEE></TD>

</TR>

<TR>

<TD align="center" bgcolor="blue" width="150" height="400"></TD>

<TD align="center" bgcolor="gray" height="400"></TD>

</TR>

<TR>

<TD align="center" bgcolor="black" colspan="2" height="20" width="900">

<FONT face="impact" color="red">Copyright@2010</FONT></TD>

</TR>

</TABLE>

</BODY>
</HTML>

Sekarang bisa copy paste skrip di atas, namun saran saya pahami juga tiap TAG dan ATTRIBUTE nya yang dapat anda download pada link diatas.
Dan kembangkan kreasi anda.

Jika di preview pada Browser , hasilnya seperti ini :

Semoga Bermanfaat.

5 comments:

  1. [...] postingan saya sebelumnya sudah dijelaskan mengenai cara membuat layout web dengan html, http://idrismk1.wordpress.com/2010/02/03/membuat-layout-sederhana-dengan-html/ . nah setelah anda mempunyai web dengan sebaik dan sekreatif mungkin, anda bisa mengedit menu nya [...]

    ReplyDelete
  2. gw mau nanya, gw kan udah daftarin blog gw ke google, tapi kok ga muncul juga?

    ReplyDelete
  3. smuanya ga bisa serba instan bro
    gw juga gitu dulu
    butuh waktu bberapa hari bahkan bbrp minggu untuk masuk ke google.
    ttep ngeblogging aja. trus buat postingan yg menarik .
    InsyaAllah bakal ke dftr di om google.
    :D

    ReplyDelete
  4. makasi bang,
    saya lagi belajar bkin web,
    masi butuh byk beljar.
    penjelasannya mudah dimengerti,,,
    juga ada contohnya lebih jelas...
    sekali lagi terimakasih. :)

    ReplyDelete
  5. alhamdulillah
    sama2
    senang blog gw bisa bermafaat buat orang lain dan bisa di mengerti :)

    ReplyDelete