Tuesday, September 27, 2011

INSTALASI FIREFOX 3.6 DI UBUNTU !!!

Ubuntu merupakan salah satu sistem operasi yang cukup banyak digunakan pada saat ini. untuk keperluan komputer pribadi, sangat baik jika kita menggunskan ubuntu ini. nah pada saat ini saya sedang menggunakan ubuntu 8.04 yang mana secara otomatis telah terintegarasi dengan browser andalan saya, yaitu Firefox. namun yang jadi masalah saya adalah di Ubuntu versi 8.04 ini di sertai dengan Firefox 3.03 saja. sedangkan sekarang sudah ada Firefox 3.6.

Sekarang download terlebih dahulu Firefox 3.6 for Linux.

Download disini

Jika sudah di download, letakkan file firefox di home ubuntu anda. setelah itu karena file dalam bentuk tar.bz , maka ekstrak terlebih dahulu. klik kanan pada file tar.bz , lalu 'Extract Here'.

Oke, sekarang ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Pada taskbar ubuntu anda, Klik System -> Preferences -> Main Menu.

2. Kemudian akan muncul halaman utama ' Main Menu' . nah karena kita ingin menginstal firefox 3.6 , jadi untuk menyesuaikan, pindah terlebih dahulu ke tab / Menu  Internet.



3.  Nah jika sudah berada di Menu Internet, klik +New Item.



Keterangan :

Pada Name : Isikan nama dari software yang akan kita add. dalam hal ini isikan saja Firefox 3.6.

Pada Comment : Isikan apa saja mengenai Firefox 3.6 . ini cuma sekedar keterangan guys.

Nah pada Command : Klik 'Browse' . lalu pilih file dengan nama firefox yang telah anda ekstrak di home ubuntu anda tadi.



Jika sudah , anda akan kembali ke wizard sebelumnya. klik OK.

Nah sekarang anda sudah bisa mengakses firefox 3.6 anda. namun iconya masih belum sesuai bukan dengan icon firefox yang sebenarnya?? untuk mengganti icon nya , lihat kembali gambar pada tahap ke  3, klik gambar icon nya, lalu akan muncul wizard [Launcher Properties] . pada kotak browse . copy ini : /usr/share/pixmaps/firefox-3.0.png . klik OK.



Nah sekarang Iconya sudah sesuai bukan?. sekarang anda memiliki dua bauh browser yang sama namun beda versi di ubuntu anda.



Oleh karena itu anda bisa me remove yang versi lama ataupun membiarkanya.

Terima Kasih.

Semoga Bermanfaat.

NB : Berhubung tentang Firefox, berarti tidak terlepas perananya adobe flash player. udah pada tau cara instal nya di ubuntu. kalo belum akan saya buatkan tutorialnya deh. yang bingung silahkan request dengan komentar di postingan ini.

2 comments:

  1. masih bingung wa,. hehe,, kalo untuk instal app lainnya pada modus offline,,

    ReplyDelete
  2. bisa bro
    install lewat terminal aja.

    ReplyDelete